Pada tanggal 25 Februari 2024, siswa-siswa mata pelajaran Sosiologi dari SMA N 6 Samarinda, Kalimantan Timur, memiliki kesempatan langka untuk belajar secara langsung di Taman Budaya Pampang. Kunjungan ini memberikan pengalaman mendalam tentang konsep-konsep sosiologi dalam konteks budaya dan masyarakat lokal.
Dalam kunjungan ini, para siswa tidak hanya mengamati secara langsung berbagai aspek kehidupan sosial di sekitar Taman Budaya Pampang, tetapi juga berpartisipasi dalam diskusi dan aktivitas yang dirancang untuk memperdalam pemahaman mereka tentang konsep-konsep sosiologi yang relevan. Mereka belajar tentang struktur sosial, interaksi antarindividu, perubahan sosial, serta berbagai fenomena sosial yang terjadi dalam masyarakat.
Kunjungan ini juga memberikan kesempatan bagi para siswa untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat dan mendengarkan pengalaman serta pandangan mereka tentang berbagai isu sosial yang ada. Hal ini memperkaya pemahaman siswa tentang kompleksitas kehidupan sosial dan membantu mereka menghubungkan konsep-konsep sosiologi yang dipelajari di kelas dengan realitas yang ada di masyarakat.
Dengan menghadirkan pembelajaran langsung di lapangan, kunjungan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pelajaran, tetapi juga menginspirasi mereka untuk menjadi pengamat yang lebih peka terhadap dinamika sosial di sekitar mereka. Ini adalah langkah yang penting dalam mempersiapkan generasi muda untuk menjadi pemimpin yang berpengetahuan luas dan peduli terhadap berbagai isu sosial yang dihadapi oleh masyarakat.
Kunjungan ini juga mencerminkan pentingnya memanfaatkan sumber daya lokal sebagai sarana pembelajaran yang berarti. Dengan memanfaatkan objek wisata budaya seperti Taman Budaya Pampang, sekolah dapat menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan relevan bagi siswa mereka, sambil juga mempromosikan dan melestarikan warisan budaya lokal.
Dengan demikian, kunjungan dan pembelajaran langsung di Taman Budaya Pampang Samarinda tidak hanya menjadi pengalaman berharga bagi para siswa Sosiologi, tetapi juga mencerminkan komitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan relevan yang mempersiapkan siswa untuk menjadi warga negara yang aktif dan berpengetahuan luas.